Bisnis Open Trip: Mendulang Untung Besar dari Usaha ala Zaman Now

Mayoritas generasi milenial bahkan generasi X pun sudah mulai menyukai traveling ke luar kota atau luar negeri. Karena traveling dapat memberikan pengalaman baru dan menjadi sarana relaksasi di sela-sela Rutinitas Kerja. Hobi traveling tersebut akhirnya mencetuskan peluang bisnis baru berupa jasa open trip. Bahkan kini bisnis open trip lebih diminati daripada tour and travel konvensional.

Karena harganya jauh lebih murah dengan pengalaman yang tak kalah seru dibandingkan tour konvensional.

Kalau Anda berencana merintis bisnis open trip, berarti Anda harus memahami hal-hal berikut ini terlebih dahulu:

Sudah Memiliki Pengalaman Memadai

Sebelum memulai bisnis open trip, Anda harus memiliki pengalaman memadai mengenai traveling ke negara-negara tujuan tersebut. Idealnya, Anda sudah pernah beberapa kali mengunjungi negara atau daerah tujuan open trip. Sehingga Anda sudah hafal rute-rute wisata yang menarik di negara atau daerah tersebut. Pengalaman Anda adalah bekal berharga untuk memandu klien yang akan menggunakan jasa Bisnis Anda.

Menyiapkan Tim yang Solid

Meskipun berupa bisnis kecil-kecilan, Anda tetap harus menyiapkan tim yang solid untuk bisnis open trip. Selain tim tour guide dan promosi, tim yang mengatur kondisi keuangan pun harus memiliki kemampuan memadai. Agar bisnis Anda bisa menghasilkan keuntungan maksimal, pengelola keuangan harus diatur secara cermat dan sistematis.

Tim keuangan bisnis Anda tak akan kewalahan bila sudah bisa rapih pembukuan dengan software Accurate Online untuk mengatur semua pembukuan keuangan bisnis open trip Anda. Apa lagi jika bisnis open trip Anda sudah memiliki banyak pesanan, tentunya Anda sudah harus memiliki pembukuan yang rapih dan akurat.

Tidak ada salahnya Anda menggunakan software pembukuan untuk memudahkan Anda membuat sebuah laporan keuangan, dan melihat keuntungan serta memudahkan Anda dalam membuat laporan pajak. Sehingga Anda pun tidak perlu ribet dalam mengatur keuangan bisnis, apa lagi ketika Anda sedang mengantar pelanggan dan Anda ingin melihat keuangan bisnis Anda ketika mengantar konsumen. Dengan Accurate Online, Anda bisa melakukan hal itu dengan mudah dan gampang. Sekarang saatnya Anda menggunakan Accurate Online untuk bisnis Anda.

Tour Guide yang Ramah dan Seru

Tim tour guide merupakan ujung tombak kesuksesan bisnis open trip. Kalau Anda sudah tak lagi mengawal perjalanan, pasti Anda harus memiliki tim tour guide khusus untuk mendampingi para klien. Bukan hanya kemampuan berbahasa asing dan pengetahuan wisata yang harus dimiliki seorang tour guide.

Sikap yang ramah, sopan, dan penuh humor selama perjalanan juga tak kalah penting untuk menunjang kenyamanan klien. Jadi, pastikan bahwa tim tour guide pada bisnis open trip Anda dapat menyempurnakan pengalaman traveling para klien.

Menyusun Itinerary Perjalanan yang Menarik

Itinerary perjalanan yang itu-itu saja pasti mudah ditemukan pada bisnis kompetitor Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda dan tim menyusun itinerary perjalanan yang menarik. Misalnya, menyertakan pertandingan olahraga besar atau festival tertentu pada itinerary perjalanan ke suatu negara.

Itinerary khusus tersebut pasti sangat diburu oleh klien yang ingin traveling pada momen tertentu. Anda pun berkesempatan memperoleh keuntungan besar bila menyiapkan paket perjalanan dengan itinerary khusus ke berbagai negara.

Selalu Memanfaatkan Media Sosial

Penggunaan media sosial memang sangat penting bagi suatu bisnis open trip. Anda tak hanya bisa menggunakan media sosial untuk mempromosikan paket-paket open trip dengan harga terjangkau. Lebih dari itu, Anda juga mesti menggunakannya untuk memuat testimoni klien dan membagikan pengalaman menyenangkan yang sudah dirasakan klien. Salah satu media sosial paling powerful bagi bisnis open trip adalah Instagram.

Selain mengunggah foto dan video perjalanan, Anda juga bisa menampilkan Instagram Story, melakukan endorsement, dan menyiapkan giveaway. Semakin banyak followers Media Sosial bisnis Anda, maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan klien baru.

Hobi traveling tak selalu menguras isi kantong jika Anda mengubahnya menjadi peluang bisnis. Yuk mulai merintis bisnis open trip yang berpotensi menghasilkan untung besar dan digemari generasi zaman now and old.